Jumat, 11 November 2016

Tugas Kelompok Bab IV

Nama : Muhammad affif azzam
Kelas  : 4ea23
Npm  : 15213809

MATA KULIAH : ETIKA BISNIS #
BAB IV : Norma Dan Etika Dalam Pemasaran, Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Finansial

Pasar dan Perlindungan Konsumen
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya.
Perlindungan konsumen yaitu segala upaya yang menjamin adanya kepastian untuk memberikan perlindungan hukum kepada konsumen pengertian konsumen sendiri adalah setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat. Baik kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Perlindungan terhadap Konsumen
·        Hak perlindungan bagi konsumen : Konsumen bersedia membayar produk yang tidak memperhatikan hak konsumen akan ditinggalkan.
·        Konsumen sering tidak mendapat informasi yang memadai tentang produk (asymmetric information); Pemerintah harus mendikte pasar.
·        Masalah preferensi konsumen : banyak konsumen berperilaku sebagai pendompleng (free-rider), tidak rasional dalam memilih produk, tidak menghargai pentingnya informasi produk, sedangkan pasar sering mengalami monopoli dan oligopoli.
Teori kontraktual; Empat kewajiban bisnis terhadap konsumen :
·        penghargaan terhadap hak konsumen.
·        memberi informasi tentang produk.
·        menghindari salah paham
·        menghindari keterpaksaan dan pengaruh yang menyesatkan.

Etika Iklan
Iklan dan Dimensi Etis ialah bentuk komunikasi tidak langsung yg didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian. Membuat iklan adalah “menyediakan informasi”. Namun kenyataannya lebih dari separuh iklan di TV dan media tidak memberikan informasi yang benar kepada konsumen.
Penipuan didalam iklan terjadi karena :
1.      Pembuat iklan sengaja membelokkan informasi kepada publik sehingga informasi yang diperoleh adalah keliru.
2.      Media komunikasi menghasilkan konotasi dan pemahaman yang berbeda.
3.      Publik berada dalam posisi lemah berhadapan dengan informasi yang sengaja dibuat membingungkan.

Fungsi Iklan
·        Iklan sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar.
·        Iklan sebagai pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk.

Persoalan Etis dalam Iklan
·        Iklan merongrong otonomi dan kebebasan manusia.
·        Iklan yang manipulatif dan persuasif non-rasional menjadikan manusia yang konsumtif.
·        Iklan merongrong rasa keadilan sosial dan memicu kesenjanggan sosial.

Prinsip-prinsip Etis dalam Iklan
·        Iklan tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya konsumen.
·        Iklan wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan.
·        Iklan tidak boleh mengarah pada pemaksaan.
·        Iklan tidak boleh mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.

Privasi Konsumen
Privasi konsumen merupakan hak konsumen untuk memutuskan apa, pada siapa, dan berapa banyak informasi tentang diri konsumen yang boleh diungkapkan pada pihak lain atau perusahaan.

Multimedia Etika Bisnis
Multimedia adalah Perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik. Multimedia bisa juga diartikan sebagai penggunaan computer untuk menyajikan dan menggabungkan text, suara gambar dan animasi dengan dengan alat bantu dan koneksi ( tool dan internet link) sehingga pengguna dapat berinteraksi berkarya dan berkomunikasi dan multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif. Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa diliat pada semua jenis film, Tutorial Vidio, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse dan keyboard.
Multimedia digunakan pula di dunia pendidikan dan bisnis. Di dalam dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai bahan atau media pengajaran baik dalam kelas maupun sendiri sendiri. Didalam bisnis multimedia digunakan sebagai profil perusahaan, promosi bahkan sebagai kios informasi dan pelatihan.

Etika Produksi
Etika adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dan salah, sedangkan produksi adalah suatu kegiatan menambah nilai gunabarang dengan menggunakan sumber daya yang ada. Jadi, Etika Produksi adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dan salahnya hal-hal yang dilakukan dalam proses produksi atau dalam proses penambahan nilai guna barang.
Pentingnya etika bisnis, dalam proses produksi sebuah produsen pada hakikatnya tentu akan selalu berusaha untuk menkan biaya produksi dan berusaha untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya. Dalam upaya produsen untuk untuk memperoleh keuntungan, pasti mereka akan melakukan banyak hal untuk memperolehnya. Termasuk mereka bisa melakukan hal-hal yang mengancam keselamatan konsumen. Padahal konsumen dan produsen berkerjasama. Tanpa konsumen, produsen tidak akan berdaya. Seharusnya produsen memberi memberi perhatian dan menjaga konsumen sebagai tanda terimakasih telah membeli barang atau menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Namun banyak produsen yang tidak menjalankan hal ini. Produsen lebih mementingkan laba. Seperti banyaknya kasus-kasus yang akhirnya mengancam keselamatan konsumen saat ini karena dalam memproduksi, produsen tidak memperhatikan hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada konsumen. Bahkan konsumen ditipu, konsumen menawarkan hal-hal yang mereka butuhkan, tapi pada kenyataanya, mereka tidak mendapat apa yang mereka butuhkan mereka tidak memperoleh sesuai denganapa yang ditawarkan.

Pemanfaatan Sumber Daya Manusia
MSDM terdiri dari kata manajemen dan sumber daya manusia. Manajemen adalah seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Sumber daya tersebut meliputi : Men (manusia), Money (uang), Method (metode/ cara/ sistem), Materials (bahan), Machines (mesin), Market (pasar).
Jadi pemanfaatan SDM yaitu memanfaatkan sumber daya manusia secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Unsur manusia merupakan salah satu unsur sumber daya berkembang menjadi ilmu manajemen yang disebut MSDM yang merupakan terjemahan dari man power manajemen. Manajemen yang mengatur unsur manusia ini ada yang menyebut manajemen kepegawaian atau manajemen personalia.
Cara memanfaatkan sumberdaya manusia yaitu dengan melakukan latihan kepada karyawan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan sikap karyawan sehingga lebih efektif dan efisien dalam mencapai sasaran program atau tujuan organisasi. 

Etika Kerja
Etika kerja adalah sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan, termasuk pimpinannya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari. Perusahaan dengan etika yang baik akan memiliki dan mengamalkan nilai-nilai, yakni: Kejujuran, Keterbukaan, Loyalitas kepada perusahaan, Konsisten kepada keputusan, Dedikasi kepada stakeholder, Kerjasama yang baik, Disiplin, Bertanggung jawab

Hak-Hak Pekerja
Hak-hak pekerja yaitu hak atas pekerjaan merupakan hak azasi manusia, karena kerja melekat pada tubuh manusia. Kerja adalah aktifitas tubuh dan karena itu tidak bisa dilepaskan atau difikirkan lepas dari tubuh manusia. Hak atas kerja juga merupakan salah satu hak asasi manusia karena kerja berkaitan dengan hak atas hidup, bahkan hak atas hidup yang layak.
Hak-hak pekerja yang harus dipenuhi antara lain :
1.      Hak atas pekerjaan, kerja  merupakan HAM karena dgn hak atas hidup.
2.      Hak atas upah yang adil, sehingga tidak ada diskriminatif dalam pemberian upah.
3.      Hak untuk berserikat dan berkumpul, dapat menjadi media advokasi bagi pekerja.
4.      Hak untuk perlindungan keamanan dan kesehatan.
5.      Hak untuk diproses hukum secara sah, hak untuk diperlakuan secara sama.
6.      Hak atas rahasia pribadi.
7.      Hak atas kebebasan suara hati.

Hubungan Saling Menguntungkan
Manajemen finansial terkait dengan tanggung jawab atas performance perusahaan terhadap penyandang dana. Hubungan baik dijalin dengan memberikan margin dan saling memberikan manfaat positif. Adanya balas jasa perusahaan terhadap investor berbentuk rate of return. Hubungan pertanggungjawaban sebagai petunjuk konsistensi dan dan konsekuensi yang logis. Hubungan pertanggung jawaban dilakukan secara layak dan wajar. Prinsip ini menuntut agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan satu sama lain. Dalam dunia bisnis, prinsip ini menuntut persaingan bisnis haruslah bisa melahirkan suatu win-win situation.

Persepakatan Penggunaan Dana
Dana yang diperoleh sebuah bisnis perlu dialokasikan dengan tepat. Pengelola perusahaan mau memberikan informasi tentang rencana penggunaan dana sehingga penyandang dana dapat mempertimbangkan peluang return dan resiko. Rencana penggunaan dana harus benar-benar transparan, komunikatif dan mudah dipahami. Semua harus diatur atau ditentukan dalam perjanjian kerja sama penyandang dana dengan alokator dana.

REFERENSI :
Agus Arijanto, 2011, Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA
hasna-ghaida.blogspot.co.id/2015/09/etika-produksi.html?m=1
http://tugaslenah.blogspot.co.id/2016_10_01_archive.html
http://danisapujiati94.blogspot.co.id/2015/10/norma-dan-etika-dalam-pemasaran_17.html

http://rahmaniananda.blogspot.co.id/2015_10_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar